WFH Makin Produktif: 9 Perlengkapan untuk WFH Penting yang Wajib Dimiliki (Tanpa Bikin Kantong Jebol!)

Bekerja dari rumah (WFH) kini menjadi pilihan banyak orang. WFH menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat kerja, namun tak jarang diiringi dengan distraksi dan rasa tidak nyaman. Salah satu kunci untuk WFH yang produktif adalah memiliki perlengkapan yang tepat. Perlengkapan yang tepat dapat membantu kamu bekerja dengan lebih fokus, nyaman, dan efisien.

Kalau Kamu baru akan melakukan WFH untuk pertama kalinya, Kamu bisa baca artikel kami tentang panduan persiapan bekerja dari rumah (WFH)

Table of Contents

Berikut 9 perlengkapan WFH penting yang wajib kamu miliki tanpa bikin kantong jebol:

1. Meja Kerja Ergonomis

Meja kerja yang nyaman dan kokoh sangat penting untuk menjaga postur tubuh yang baik saat bekerja. Kamu bisa memanfaatkan meja yang ada di rumahmu untuk dijadikan meja kerja ataupun membeli meja baru yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. 

Banyak toko online yang menjual berbagai macam meja yang bisa Kamu jadikan sebagai pilihan meja kerjamu. Kalau Kamu adalah seorang gamers, Kamu juga bisa memilih meja gaming untuk dijadikan meja untuk bekerja.

Meja gaming juga bisa dijadikan meja kerja di rumah
Meja gaming bisa dijadikan pilihan meja kerja

Ketika memilih meja kerja sebaiknya Kamu menyesuaikan ukuran meja yang Kamu pilih dengan ukuran ruang yang tersedia di rumahmu. Jangan sampai Kamu memilih meja yang terlalu besar dan ruangan kerjamu menjadi terlalu sempit.

2. Kursi Kerja

Kursi yang ergonomis dengan sandaran punggung yang baik dapat membantu menghindari sakit punggung. Terlebih ketika WFH Kamu akan menggunakan kursi tersebut selama berjam-jam setiap harinya. 

Contoh kursi kerja

Sama seperti meja kerja, sudah banyak toko online yang menjual berbagai macam kursi yang bisa Kamu jadikan sebagai pilihan kursi kerjamu. Kamu juga bisa memilih Kamu gaming untuk dijadikan meja untuk bekerja.


Pilihlah kursi dengan bahan yang nyaman dan sirkulasi udara yang baik agar punggungmu tidak cepat berkeringat karena kurang terpapar udara.

Kalau Kamu masih belum memiliki dana untuk membeli kursi kerja, Kamu bisa menggunakan kursi makan atau kursi belajar yang sudah ada di rumahmu.

3. Laptop Stand

Laptop stand berguna untuk membantu meninggikan layar laptop agar sejajar dengan mata, sehingga mengurangi pegal pada leher dan pundak. Pilihlah laptop stand yang kokoh dan mudah disesuaikan.

Contoh: Laptop Stand Adjustable, harga mulai dari Rp 50.000

4. Keyboard & Mouse

Keyboard dan mouse yang nyaman digunakan dapat membantu menghindari kelelahan tangan. Pilihlah keyboard dengan tombol yang empuk dan mouse dengan desain yang ergonomis. Agar meja kerjamu tidak terlihat berantakan, Kamu bisa memilih keyboard dan mouse nirkabel (wireless).

Keyboard dan mouse wireless untuk perlengkapan WFH yang nyaman
Keyboard dan mouse wireless

Keyboard wireless dari Pressplay seperti gambar di atas bisa jadi salah satu pilihan untuk dijadikan perlengkapan WFH di rumahmu.

5. Headset

Headset dengan mikrofon yang bagus sangat penting untuk mengikuti online meeting dan berkomunikasi dengan rekan kerja. Pilihlah headset dengan suara yang jernih dan nyaman dipakai.

Tips: Pilih headset dengan kabel untuk mengurangi delay suara.

6. Monitor

Kalau pekerjaanmu menuntutmu untuk memperhatikan banyak data atau informasi sekaligus, monitor yang lebih besar dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan menampilkan lebih banyak informasi sekaligus. 

Kamu juga bisa menggunakan monitor tambahan sebagai second screen sehingga Kamu bisa tetap memperhatikan meeting online sekaligus membuka pekerjaan yang lain. Dengan begitu, Kamu akan bisa lebih cepat menyelesaikan berbagai pekerjaanmu.

Pilihlah monitor dengan resolusi yang tinggi dan nyaman untuk dilihat.

7. Lampu Meja

Lampu meja yang terang membantu menerangi area kerja dan menghindari mata lelah, terutama apabila posisi Kamu bekerja membelakangi sumber cahaya atau lampu di ruanganmu. Bekerja dengan membelakangi sumber cahaya akan membuat bayangan tubuhmu jatuh di area meja kerjamu sehingga mengganggu pandanganmu ketika akan membaca atau menulis catatan.

Pilihlah lampu meja dengan cahaya yang adjustable dan hemat energi.

8. Penyangga Ponsel

Penyangga ponsel membantu kamu melihat notifikasi dan panggilan telepon dengan mudah tanpa harus mengangkat ponsel. Pilihlah penyangga ponsel yang kokoh dan dapat disesuaikan sudutnya serta ketinggiannya.

9. Kabel Organizer

Kabel organizer membantu menjaga meja kerja tetap rapi dan terhindar dari kabel yang kusut. Pilihlah kabel organizer dengan desain yang menarik dan mudah digunakan.

Tips Hemat

  • Carilah promo dan diskon di toko online atau offline.

Kamu bisa memanfaatkan promo gajian atau double date yang biasa diselenggarakan oleh berbagai platform e-commerce untuk mendapatkan diskon lebih besar.

  • Belilah produk bekas berkualitas baik.

Produk bekas tidak selalu jelek. Asalkan Kamu cermat dalam memilih, membeli produk bekas dengan kualitas baik akan mengurangi pengeluaranmu dalam membeli perlengkapan untuk WFH.

  • Gunakan perlengkapan yang sudah kamu miliki di rumah.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, Kamu bisa menggunakan perengkapan yang sudah Kamu miliki di rumahmu untk mengurangi pengeluaranmu.

Kalau ada perlengkapan WFH yang belum tertulis di artikel ini, Kamu bisa menambahkan di kolom komentar agar bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk banyak orang.

Dengan memiliki perlengkapan WFH yang tepat, kamu dapat bekerja dengan lebih produktif dan nyaman tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Selamat berbelanja!

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

Rahasia Mata Sehat dan Tajam di Era Digital: Eyebost

Era digital yang berkembang pesat saat ini membawa banyak manfaat yang merubah cara kita dalam melakukan berbagai aktifitas mulai dari cara kita menyelesaikan pekerjaan hingga cara kita…

Ruang pameran 1 Museum Batik Pekalongan

7 Manfaat Berkunjung ke Museum

Kapan terakhir kali Kamu berkunjung ke museum? Mungkin sudah lama sekali, atau bahkan mungkin ada yang berkunjung ke museum hanya ketika karya wisata sekolah.  Mengunjungi museum saat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *