Satu Bulan Pertama Menggunakan ASUS ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13 2022 disebut-sebut sebagai “WORLD’S MOST POWERFUL 13″ CONVERTIBLE GAMING LAPTOP” atau dalam bahasa Indonesia laptop gaming 13 inch convertible yang paling kuat di dunia.

ASUS Rog FLow X13 2022 Top case
ASUS ROG Flow X13

Sebutan ini bukan tanpa dasar mengingat ukuran dan spesifikasi yang ditawarkan oleh laptop gaming yang satu ini. 

Dengan design yang super tipis dan berat yang sangat ringan (1,3 Kg), Asus ROG Flow X13 2022 sudah memiliki GPU diskrit dari Nvidia GeForce RTX 3050 Ti untuk varian tertingginya.

Saya sudah menggunakan ROG Flow X13 2022 selama sekitar satu bulan dan pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman dan kesan saya terhadap laptop gaming 2-in-1 yang satu ini.

Unit yang saya gunakan adalah varian GV301RE-R7R5A6T-O dengan prosesor Ryzen 7 6800 HS + 16 GB RAM + RTX 3050Ti

Spesifikasi – ROG Flow X13

Asus ROG Flow X13 (GV301RE-R7R5A6T-O)
ProcessorAMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)
GrafisNVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti Laptop GPUROG Boost: 1085MHz* at 40W (1035MHz Boost Clock+50MHz OC, 35W+5W Dynamic Boost)4GB GDDR6
Tampilan13.4-inch FHD+ 16:10 (1920 x 1200, WUXGA)IPS-level – tampilan glossysRGB : 100%Adobe : 75%Layar SentuhRefresh Rate : 120HzAdaptive-SyncPantone ValidatedSupport stylus : YesMUX Switch + OptimusSupport Dolby Vision HDR : Yes
Memori8GB*2 LPDDR5 on board, Max Capacity : 16GBSupport dual channel memory
Penyimpanan1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD (2230)
KonektifitasWi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2 
Port I/O1x 3.5mm Combo Audio Jack1x USB 3.2 Gen 2 Type-A1x ROG XG Mobile Interface2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery
Keyboard & TouchpadBacklit Chiclet KeyboardTouchpad
AudioTeknologi Smart AmpAudio oleh Dolby AtmosAI mic noise-canceling, DACHi-Res certification, Built-in 3-microphone array2-speaker system with Smart Amplifier Technology
Baterai62WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Ukuran29.9 x 22.2 x 1.58 ~ 1.58 cm
Berat1.30 Kg
LainnyaWindows 11 Home OS, Office Home and Student, Biometric sensor: FingerPrint

Desain & Build Quality

ROG Flow X13 adalah laptop 2-in-1 13 inci dengan layar sentuh konvertibel 360 derajat. Beratnya sekitar 1.3 Kg dan bisa dibilang cukup kompak dan portabel untuk ukuran kelas laptop gaming. Meskipun tentu saja laptop ini bukan laptop paling tipis ataupun paling ringan yang ada di pasaran karena laptop ini memuat hardware yang lebih kuat dibandingkan kebanyakan ultrabook yang ada di pasaran, sehingga modul termal yang lebih kompleks sangat dibutuhkan untuk mendukung hardware tersebut.

Dari desain tampilannya, sangat low profile untuk sekelas laptop gaming. Hanya ada emblem kecil sebagai identitas ROG di sudut kiri bawah dari casing laptop ini.

Dari sudut pandang pengalaman dan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari, desain ini menurut saya sangat baik dan mendekati sempurna.

Asus menggunakan pilihan bahan berkualitas tinggi untuk Flow X13-nya, seperti magnesium dan aluminium, tetapi juga ada plastik, yang digunakan untuk bagian casingnya. Permukaannya terasa berkualitas tinggi dan menawarkan cengkeraman yang baik. Namun, sidik jari dengan cepat terlihat pada permukaan matte dan menurut saya sedikit merusak tampilan. Meski demikian, laptop ini memiliki konstruksi yang sangat stabil. Kekakuannya bagus, dan ketika saya mencoba menekan bagian atas casingnya, saya tidak menemukan titik lemah yang terasa ringkih.

Mode tablet ASUS ROG Flow X13
Mode tablet

Layar ROG Flow X13 ini dapat ditekuk ke belakang sampai dengan 360 derajat untuk menggunakan laptop ini dalam mode tabletnya. Engselnya seimbang dan kokoh menjaga layar tetap di tempatnya tanpa bergoyang, dan pada saat yang sama memungkinkan untuk pengoperasian satu tangan. Menurut saya, format semacam ini paling masuk akal sebagai laptop, tetapi tetap dapat digunakan dalam mode  tablet atau tent (seperti bentuk tenda) kalau diperlukan.

Tent mode ROG Flow X13
Mode tenda (tent mode)

Layar

ROG Flow X13 hadir dengan menggunakan layar sentuh berukuran 13.4 inci dengan aspek rasio 16:10. Aspek rasio ini menurut saya lebih cocok untuk para konten kreator karena dapat menampilkan lebih banyak konten secara vertikal dibandingkan layar dengan aspek rasio 16:9.

Dengan refresh rate 120Hz membuat pengalaman bermain game dengan laptop ini menjadi semakin mulus.

Tampilan casing ASUS ROG Flow X13

Karena ini adalah laptop 2-in-1, ASUS Pen sudah termasuk dalam paket pembeliannya. Stylusnya sangat compatible dan sangat nyaman untuk digunakan. Pointingnya cukup akurat dan hampir tidak ada delay berarti yang saya alami.

ASUS Pen stylus
Demo ASUS Pen bawaan

Selain itu layar ROG Flow X13 juga sudah memiliki sertifikasi Pantone Validated yang menjamin layar laptop ini mampu memberikan tampilan warna yang akurat sesuai dengan cakupan warna yang ada. Dengan begitu Rog Flow X13 juga sangat cocok untuk para konten kreator yang biasa bekerja dengan warna seperti illustrator ataupun video editor. Sebenarnya ASUS memiliki banyak jajaran laptop yang sudah memiliki sertifikasi Pantone Validated, salah satunya adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED.

Keyboard & Touchpad

ROG FLow X13 memiliki keyboard yang menurut saya sangat nyaman untuk mendukung pekerjaan saya sehari-hari.

Dengan travel distance 1.7 mm membuat aktivitas mengetik menjadi terasa sagat intuitif. 

Keyboard ROG Flow X13 2022
Layout keyboard

Keyboard laptop gaming yang satu ini juga memiliki 4 tombol fungsi yang terpisah untuk menaikan dan menurunkan volume, mematikan microphone, dan shortcut ke aplikasi Armoury Crate.

Tombol power juga sudah terpisah, yaitu berada di sisi kanan laptop dan menjadi satu dengan sensor finger print. 

Berbeda dengan keyboard kebanyakan laptop gaming, keyboard pada ROG Flow X13 tidak memiliki backlit RGB. Backlitnya hanya berwarna putih dengan tiga mode pencahayaan. Meskipun tidak sementereng keyboard laptop gaming lainnya, hal ini justru menjadi poin plus untuk saya karena membuat laptop ini terkesan lebih low profile. 

Untuk touchpad yang dihadirkan terasa biasa saja dan bahkan menurut saya tergolong kecil untuk standard laptop zaman sekarang. Namun hal ini tidak menjadi masalah yang signifikan. Mungkin touchpad ini memang hanya sekedar formalitas karena baik gamers maupun para konten kreator hampir bisa dipastikan akan selalu menggunakan mouse dalam melakukan aktivitasnya.

Speaker

Audio yang digunakan adalah satu set speaker stereo yang menyala melalui celah yang ditempatkan di bagian bawah laptop – karena desainnya, sulit untuk ditutup dan diredam. Kualitas suaranya cukup bagus untuk sasis portabel.

Karena penempatan speaker yang berada di bagian bawah laptop, tepatnya di sisi kiri dan kanan palm rest ketika saya mengetik, bagian keyboard akan terasa adanya getaran ketika sedang menggunakan volume suara yang keras. 

Port I/O

Untuk mengkompensasi desain yang tipis dan hardware yang gahar, sepertinya port I/O menjadi salah satu hal yang harus dikorbankan oleh ROG Flow X13. 

Port kanan ROG Flow X13
Port dan tombol power di sisi kanan laptop

Laptop ini hanya menyediakan 2 port USB 3.2 Gen 2 Type C, 1 port USB 3.2 Gen 2 Type A, 1 port HDMI, dan 1 port 3.5 mm audio combo jack, dan 1 port Exclusive interface with PCIe 3.0 x8 (port khusus untuk ASUS XG mobile).

Port sisi kiri ROG Flow X13
Port sisi kanan laptop

ROG Flow X13 tidak memiliki port khusus untuk SD card, sehingga kalau Kamu seorang konten kreator yang biasa menggunakan SD card sebagai media transfer data, Kamu perlu memiliki dongle tambahan untuk menyambungkan SD card ke ROG Flow X13.

Performa

ASUS ROG Flow X13 sangat mumpuni ketika digunakan untuk bermain game salah satu yang saya mainkan adalah APEX Legends. Tidak ada lag sedikitpun karena memang hardware yang digunakan sudah sangat mumpuni.

Namun yang menjadi kendala dari laptop ini adalah suhu yang cepat panas. Beberapa kali laptop saya tiba-tiba mati ketika bermain APEX Legends karena suhu yang terlalu panas.

Untuk mengakali hal ini adalah dengan menggunakan cooling pad yang banyak tersedia di pasaran. 

Selain itu saya tidak memiliki keluhan lain terkait dengan performa laptop gaming ini.

Kesimpulan

Sebagai laptop convertible serba guna, Flow X13 masih tak tertandingi oleh perangkat lain yang tersedia di pasaran saat ini.

Laptop ini memiliki perangkat keras yang mumpuni dan modul pendingin yang kompeten, tetapi dengan satu cacat desain signifikan yang harus Kamu waspadai dan pertimbangkan ketika berniat membeli laptop ini. Karena ini adalah format 2-in-1 dan perlu berfungsi baik sebagai laptop maupun tablet, Asus harus menerapkan beberapa kaki karet yang sangat tipis di bagian bawah notebook ini, dan hal ini mengurangi aliran udara yang masuk. Dengan penggunaan sehari-hari, itu berarti kipas akan bekerja lebih sering daripada yang seharusnya, tetapi dengan tugas yang berat, kekhasan desain ini diterjemahkan menjadi suhu internal yang tinggi dan mengurangi kinerja sistem, terutama di sisi CPU dalam beban berkelanjutan.

Saya merekomendasikan untuk menempatkan laptop ini pada semacam dudukan saat menjalankan game atau aktivitas lain dengan beban kerja yang berat seperti video rendering. Mungkin tidak harus cooling pad, melainkan salah satu dudukan yang mengangkat bagian belakang dan memungkinkan aliran udara yang untuk masuk ke kipas.

Selama Kamu tidak memiliki masalah dengan hal ini, ASUS ROG Flow X13 adalah pilihan terbaik untuk masuk ke kategori laptop portable saat ini.

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

Cara Mengarsipkan Percakapan di ChatGPT

Kalau Kamu adalah seorang pengguna setia ChatGPT yang biasa menggunakan AI tools untuk mendukung berbagai pekerjaan yang Kamu lakukan, kemungkinan besar Kamu memiliki sejumlah percakapan yang sedang…

ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Remote Work Nyaman dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Pandemi Covid-19 menghadirkan tren baru dalam dunia kerja, yaitu remote work atau bekerja dari jarak jauh dimana karyawan memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja dan tetap…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *