Rahasia Mata Sehat dan Tajam di Era Digital: Eyebost

Era digital yang berkembang pesat saat ini membawa banyak manfaat yang merubah cara kita dalam melakukan berbagai aktifitas mulai dari cara kita menyelesaikan pekerjaan hingga cara kita menikmati berbagai hiburan. Namun, dibalik banyaknya manfaat yang kita nikmati, perubahan cara kita dalam melakukan berbagai aktifitas juga menimbulkan resiko kesehatan, salah satunya adalah resiko kesehatan mata.

Diantaranya adalah resiko kesehatan mata. Hal ini dikarenakan di era digital ini kita menjadi lebih sering menatap layar perangkat digital kita baik itu layar komputer maupun layar smartphone. Paparan sinar biru dari layar perangkat digital dapat menyebabkan kelelahan mata, ketegangan otot, dan bahkan gangguan tidur karena pengaruhnya terhadap produksi melatonin di tubuh kita. 

Dampak Era Digital terhadap Kesehatan Mata

Internet adalah tulang punggung bagi era digital, karena hampir seluruh aktifitas yang kita lakukan di perangkat digital tidak lepas dari peran internet. Berdasarkan laporan Survey Penetrasi & Perilaku Internet 2023 yang dirilis oleh APJII, 63,74% responden menggunakan internet selama 1-5 jam setiap harinya. Bahkan, 22,44% dari responden menggunakan internet selama 6-10 jam setiap harinya.

Yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah penggunaan perangkat digital secara berlebihan atau terlalu lama dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mata. Paparan sinar biru yang dihasilkan oleh layar perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mata, antara lain:

1. Kelelahan Mata: Mata dapat mengalami kelelahan karena terus-menerus fokus pada layar, terutama saat penggunaan yang lama tanpa istirahat.

2. Mata Kering: Pemakaian perangkat digital seringkali disertai dengan kurangnya kedipan, yang dapat mengakibatkan mata kering dan ketidaknyamanan.

3. Gangguan Tidur: Paparan sinar biru dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur, sehingga dapat mengakibatkan gangguan tidur.

4. Ketegangan Otot Mata: Terus-menerus fokus pada layar dapat menyebabkan ketegangan otot mata, yang dapat menghasilkan sakit kepala dan ketidaknyamanan.

5. Penglihatan Kabur: Pemakaian perangkat digital dalam jangka panjang dapat menyebabkan penglihatan kabur atau sulit fokus.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ krusial yang memungkinkan kita melihat dan memahami dunia sekitar. Proses penglihatan yang kompleks, melibatkan kerja kornea, lensa, dan saraf optik, memberi kita kemampuan untuk mengidentifikasi objek, orang, dan warna. Pengalaman visual ini tidak hanya penting untuk kehidupan sehari-hari tetapi juga memberikan dimensi emosional yang memungkinkan kita merasakan kegembiraan dan keindahan dunia di sekitar kita.

Selain sebagai pemroses visual, mata juga berkontribusi pada keseimbangan tubuh dan ekspresi emosional. Fungsi vestibular mata membantu menjaga keseimbangan tubuh, sementara kemampuan mata untuk mengekspresikan emosi melalui gerakan dan ekspresi wajah mendalamkan interaksi sosial. Dengan cara ini, mata memainkan peran penting dalam menyampaikan perasaan dan berpartisipasi dalam komunikasi non-verbal.

Mata juga memiliki peran penting untuk kesehatan mental dan kualitas hidup. Keberagaman pengalaman visual, mulai dari pemandangan alam hingga seni visual, memberikan kepuasan estetis yang mendukung kesejahteraan mental. Dengan menjaga kesehatan mata dan menghargai peran pentingnya, kita dapat merasakan keindahan dan keberagaman dunia dengan lebih utuh.

Di sisi lain, kesehatan mata yang kurang optimal dapat berdampak serius pada kehidupan sehari-hari. Penurunan penglihatan, baik akibat miopi atau gangguan lainnya, dapat menghambat aktivitas rutin dan meningkatkan risiko cedera. Gangguan keseimbangan dan keselamatan dapat mempengaruhi mobilitas dan kepercayaan diri. Di sisi psikologis, masalah penglihatan dapat menyebabkan stres dan kecemasan, sementara dampak terhadap kinerja akademis, profesional, dan sosial dapat menyulitkan partisipasi penuh dalam masyarakat. Maka dari itu, menjaga kesehatan mata menjadi krusial untuk kualitas hidup yang optimal.

Untuk menjaga kesehatan mata, lakukan istirahat dan peregangan mata secara teratur selama penggunaan perangkat digital. Gunakan filter anti-sinar biru untuk melindungi mata dari paparan yang berlebihan. Jalani pemeriksaan mata rutin guna mendeteksi masalah sedini mungkin. Konsumsi nutrisi yang seimbang dalam pola makan harian, dengan fokus pada makanan yang kaya vitamin A, C, dan E. Selain itu, jaga kelembapan mata dengan menggunakan tetes mata dan hindari merokok untuk mengurangi risiko degenerasi makula. Gunakan kacamata pelindung di lingkungan berisiko, perhatikan pencahayaan ruangan, dan terapkan pola hidup sehat untuk mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

Peran Suplemen Kesehatan Mata

Di era digital yang serba praktis ini, sudah tersedia berbagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata kita.

Suplemen kesehatan mata memainkan peran penting dalam menjaga dan mendukung kesehatan mata, terutama di era digital yang seringkali membebani mata. Beberapa nutrisi dan zat-zat dalam suplemen tersebut memiliki manfaat khusus:

1. Antioksidan dan Vitamin

2. Mineral dan Mikronutrien

3. Asam Lemak Omega-3

4. Lutein dan Zeaxanthin

Suplemen kesehatan mata memberikan berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan mata, terutama dalam menghadapi tantangan modern seperti paparan berlebihan pada layar digital. Beberapa manfaat utamanya melibatkan:

1. Perlindungan dari Kerusakan Oksidatif:

Suplemen mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, yang membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, polusi, dan paparan sinar UV.

2. Dukungan untuk Retina dan Degenerasi Makula:

Kandungan zinc dan asam lemak omega-3 dalam suplemen dapat memberikan dukungan khusus pada retina dan membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

3. Mengurangi Risiko Sindrom Mata Kering:

Suplemen dapat membantu mengurangi risiko sindrom mata kering yang sering kali terjadi akibat penggunaan berlebihan pada perangkat digital.

4. Melawan Efek Negatif Sinar Biru:

Zat-zat seperti lutein dan zeaxanthin dapat membantu melawan efek negatif sinar biru yang dihasilkan oleh layar digital, menjaga kesehatan retina dan ketajaman penglihatan.

5. Dukungan untuk Kesehatan Lensa dan Kristal Mata:

Nutrisi seperti vitamin C dapat memberikan dukungan pada kesehatan lensa mata, sementara lutein dan zeaxanthin dapat membantu mencegah pembentukan katarak.

6. Menjaga Keseimbangan Nutrisi:

Suplemen kesehatan mata dapat membantu menjaga keseimbangan nutrisi yang mungkin sulit diperoleh melalui pola makan sehari-hari.

Salah satu suplemen kesehatan mata yang bisa kamu piih adalah Eyebost yang terbuat dari madu hutan alami yang mengandung ekstrak bilberry, ekstrak lutein marigold, dan flavor blubbery, berkhasiat menjaga aliran dan tekanan darah pada mata, mencegah kerusakan fungsi mata dari radikal bebas. Eyebost melindungi mata dari bahaya paparan sinar UV sehingga mata kamu terhindar dan bebas dari gangguan kesehatan mata. Selain itu, kandungan flavor Blubbery, membuat rasanya menjadi unik, berbeda dari yang lain.

Eyebost suplemen kesehatan mata di era digital

Kamu juga bisa membaca dan mendapatkan berbagai informasi terkait kesehatan mata dengan mengunjungi situs artikel eyebost di https://eyebost.id/blog/.

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

WFH Makin Produktif: 9 Perlengkapan untuk WFH Penting yang Wajib Dimiliki (Tanpa Bikin Kantong Jebol!)

Bekerja dari rumah (WFH) kini menjadi pilihan banyak orang. WFH menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat kerja, namun tak jarang diiringi dengan distraksi dan rasa tidak nyaman. Salah…

Ruang pameran 1 Museum Batik Pekalongan

7 Manfaat Berkunjung ke Museum

Kapan terakhir kali Kamu berkunjung ke museum? Mungkin sudah lama sekali, atau bahkan mungkin ada yang berkunjung ke museum hanya ketika karya wisata sekolah.  Mengunjungi museum saat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *