Pentingnya Personal Branding untuk Karir

Luangin.com – Kamu pasti pernah mendengar istilah personal branding. Atau mungkin saat ini Kamu sedang berpikir apakah membangun personal branding adalah hal yang penting untuk dilakukan untuk meningkatkan karir. 

Seberapa penting personal branding untuk karir
Photo by Kat_ G on Unsplash

Mungkin Kamu beranggapan bahwa istilah personal branding adalah suatu tren baru dan hanya omong kosong dari para ahli pemasaran.

Tapi, percaya atau tidak, personal branding akan tetap ada dan bahkan semakin populer dan dibutuhkan kedepannya. 

Jadi, apa itu personal branding

Kenapa personal branding menjadi hal yang penting, terutama dalam karir?

Mari kita cari tahu jawabannya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah proses pembentukan identitas atas personal seseorang atau sebagai sebuah perusahaan. Sesuai dengan namanya, ini adalah brand atau merek atas diri seseorang.

Pada dasarnya, personal branding adalah bagaimana Kamu memproyeksikan nilai-nilai yang ada pada dirimu, dan memastikan bahwa target audiensmu memahami siapa dirimu, apa yang kamu wakili, dan mengapa mereka harus memilihmu dibandingkan yang lain.

Misal Kamu adalah seorang yang bekerja pada bidang perhotelan seperti staf marketing di sebuah hotel, penting untuk Kamu membangun personal branding yang sesuai dengan industri perhotelan. Calon klienmu pasti akan lebih mudah untuk percaya kepada seseorang yang lebih memahami industri perhotelan dibandingkan dengan seseorang yang tidak paham tentang industri perhotelan.

Namun, dari mana calon klienmu tahu bahwa Kamu adalah seseorang yang paham dan mengerti betul tentang industri perhotelan? Itulah salah satu fungsi personal branding, untuk menunjukan dan menonjolkan keahlian yang dimiliki oleh seseorang kepada orang lain.

Personal branding yang melekat pada dirimu akan mempengaruhi bagaimana rasa hormat dan kepercayaan yang Kamu dapat dari orang lain, baik itu rekan kerja ataupun pelangganmu.

Mengapa Personal Branding Penting untuk Karir?

“From a career point of view, your personal brand could define whether you succeed or whether you die. If I Google you and nothing comes up, that’s a red flag.”

Chris J Reed, Black Marketing

Di zaman sekarang dimana perhatian seseorang semakin sebentar, kebutuhan untuk memberikan kesan menjadi sangat penting. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat ingatan yang membekas atas identitas brand kita. 

Sayangnya, kebanyakan orang tidak memahami pentingnya personal branding dikarenakan mereka berpikir untuk melakukannya butuh usaha tambahan. 

Kebanyakan dari mereka tidak ingin direpotkan oleh tambahan hal yang harus mereka lakukan di tengah-tengah kesibukan yang mereka miliki.

Meski begitu, mau tidak mau kita harus sepakat bahwa personal branding yang baik akan membuat peluang karirmu menjadi lebih baik. 

Coba pikirkan sejenak: ketika ada suatu peluang untuk promosi di dalam suatu perusahaan, karyawan seperti apa yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut? Apakah karyawan yang terkenal rajin dan mampu mengkoordinir rekan-rekannya dengan baik, atau karyawan yang pekerjaannya biasa-biasa saja dan terkenal pendiam dan sulit bergaul?

Ya, tentu saja karyawan yang terkenal rajin dan mampu mengkoordinir rekan-rekannya dengan baik memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan promosi jabatan tersebut.

Dari pembahasan di atas sudah jelas seberapa besar pengaruh personal branding terhadap karir seseorang.

Masih berpikir kalau personal branding tidak penting untuk karir? Coba baca artikel ini sampai habis. 

4 Alasan untuk Melakukan Personal Branding

Membantu Kamu Terlihat Menonjol

Coba ingat kembali ketika Kamu sedang melamar pekerjaan.

Ada berapa banyak kandidat lain yang memiliki gelar yang sama denganmu? 

Ada berapa banyak kandidat lain yang memiliki pengalaman kerja yang mirip denganmu?

Dari sekian banyak kandidat dengan gelar pendidikan yang sama serta pengalaman kerja yang sama, perekrut atau HRD tentunya akan menentukan kandidat dengan pendekatan yang lebih subjektif.

Disinilah personal branding berperan. Membuat dirimu terlihat lebih menonjol dibandingkan sekian banyak kandidat yang melamar untuk posisi yang sama. 

Dengan mambangun personal brand yang baik, Kamu bisa membuat perekrut lebih mengingat dirimu dibandingkan kandidat lainnya.

Membuka Peluang

Saat ini kita hidup di zaman yang serba kompetitif dimana semua orang mengincar pekerjaan, klien, dan kesempatan yang sama. 

Untuk terlihat menonjol dari yang lain, penting untuk memiliki personal brand yang kuat seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

Personal brand adalah kombinasi dari pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang Kamu miliki dan diketahui oleh orang lain. Hal ini membuatmu unik dan berbeda dibandingkan orang lain.

Personal brand yang kuat akan membuat Kamu memiliki keunggulan kompetitif. Orang lain akan mengingatmu ketika mereka mencari seseorang dengan pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang cocok denganmu. 

Namun itu hanya akan terjadi kalau orang lain tahu bahwa kamu memiliki hal-hal tersebut. Maka dari itu penting untuk membuat orang lain mengetahui nilai-nilai apa yang ada pada dirimu. 

Sebagai tambahan, personal brand yang kuat akan membuka peluang baru. Ketika Kamu dikenal sebagai ahli pada bidang yang Kamu tekuni, orang-orang akan cenderung datang kepadamu untuk memberikan kesempatan untuk berkolaborasi.

Orang-Orang Akan Semakin Percaya kepada Kamu

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, personal branding merupakan proses membentuk identitas atas pribadi atau personal seseorang. Termasuk didalamnya, membangun citra (bukan pencitraan) yang jelas, pesan, dan kehadiran baik secara online maupun online

Ketika orang-orang merasa bahwa mereka tahu siapa Kamu dan apa yang Kamu wakili, mereka akan lebih cenderung menaruh kepercayaan keapda Kamu. 

Mereka tahu bahwa mereka bisa meletakkan ekspektasinya kepada Kamu dan Kamu memang ahli dalam bidangmu.

Pendapatmu juga akan semakin didengar oleh orang-orang dalam organisasimu, termasuk atasanmu. 

Dan ketika atasanmu sudah memberikan kepercayaan yang besar kepada Kamu, peningkatan karir tinggal masalah waktu.

Orang-Orang Selalu Memeriksamu Secara Online

Di era informasi serba cepat dan mudah, orang-orang, termasuk para perekrut cenderung melakukan online screening sebelum mengambil keputusan.

Dengan adanya media sosial dan Google, mudah bagi siapa saja untuk mengetahui informasi tentang Kamu. Cukup dengan beberapa klik. Jadi, penting untuk menyadari bagaimana Kamu terlihat secara online.

Blog pribadimu juga bisa membantumu meningkatkan karir. Ketika HRD melakukan pencarian atas namamu di mesin pencari seperti google atau bing, dan menemukan tulisan dalam blogmu yang relevan dengan keahlian yang dibutuhkan oleh posisi yang kamu lamar. Tentu saja itu akan lebih baik dibanding mereka hanya menemukan akun instagram yang penuh dengan foto liburanmu, atau bakan tweet kegalauanmu di Twitter.

Personal branding bisa membantu Kamu mengontrol narasi tentang dirimu dan memperkenalkan dirimu sebaik yang Kamu mau. Ini juga cara untuk jadi lebih menonjol dari para pesaingmu.

Zaman sekarang di mana setiap orang memiliki situs web dan kehadiran online, personal branding bisa membantumu terlihat lebih menonjol dari yang lain.

Personal branding yang tepat juga bisa membantumu membangun kepercayaan dengan calon pelanggan dan klien.

Jika mereka dapat melihat bahwa Kamu adalah seorang yang ahli di bidang yang Kamu tekuni dan memiliki personal brand yang kuat, mereka akan cenderung yakin untuk melakukan bisnis dengan Kamu.

Oleh karena itu, personal branding sangat penting bagi siapa saja yang ingin sukses di dunia digital saat ini.

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

9 Hal Penting dalam Persiapan Menghadapi Interview Online

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, interview atau wawancara online telah menjadi hal yang semakin umum dilakukan sebagai bagian dari proses rekrutmen di…

Keterampilan di Era Digital: 7 Keterampilan Paling Dicari untuk Dipelajari di Tahun 2024

Di era digital dimana segala hal terjadi dengan sangat cepat seperti saat ini, penting bagi kita untuk tetap selangkah lebih maju dari perkembangan dan terus meningkatkan keterampilan…

Panduan Lengkap Persiapan Bekerja dari Rumah (Work from Home)

Selama beberapa tahun terakhir, bekerja dari rumah (work from home) telah menjadi tren yang semakin populer. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home untuk karyawannya,…

Adaptasi Pekerjaan di Era Artificial Intelligence (AI)

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada dunia pekerjaan. Perkembangan kemajuan teknologi AI telah merubah cara kita bekerja dan berkolaborasi….

Tips Membangun personal branding

8 Tips Membangun Personal Branding

Sebelum kita membahas tentang tips dalam membangun personal branding, mari sedikit kita bahas apa itu personal branding. Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan merek atau identitas…

Perjalanan Dinas

Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Perjalanan Dinas

Melakukan persiapan perjalanan dinas menjadi hal yang penting dilakukan agar perjalanan dinas yang Kamu lakukan efektif dan menyenangkan. Kalau Kamu termasuk orang yang suka jalan-jalan atau travelling,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *