Motivasi memulai blog di tahun 2022

Hai semuanya. Di tahun 2022 ini, saya kembali mencoba untuk membuat sebuah blog di wordpress. Ini adalah blog keempat yang saya coba bangun setelah 3 blog sebelumnya kandas dikarenakan inkonsistensi saya sendiri dalam meluangkan waktu untuk membuat konten di blog saya. Karena alasan itu pula lah saya menggunakan kata ‘Luangin’ sebagai nama blog saya. Harapannya adalah blog ini bisa menjadi motivasi dan pengingat bagi saya untuk meluangkan waktu untuk hal-hal yang penting bagi saya, termasuk blog ini.

“Nggak takut nanti kandas lagi blognya?”

Bohong kalau saya menjawab pertanyaan itu dengan jawaban “tidak”. Ketakutan atau kekhawatiran pasti tetap ada. Tapi justru ketakutan atau kekhawatiran itu pula yang jadi motivasi bagi saya agar saya bisa belajar memperbaiki diri untuk lebih konsisten dalam menekuni suatu bidang. 

Di postingan kali ini saya akan berbagi beberapa hal yang menjadi motivasi bagi saya untuk berani mencoba menulis blog kembali di tahun 2022 ini. Check it out!!

Cita-cita

Sebenarnya sejak dulu saya memiliki cita-cita untuk bisa menulis buku saya sendiri. Namun saya cukup sadar diri bahwa kapasitas saya dalam menulis belum sebaik itu untuk bisa membuat saya percaya diri untuk menulis dan menerbitkan buku saya sendiri. Karena itu lah menulis di blog menjadi sarana bagi saya untuk melatih dan mengembangkan kemampuan saya dalam menulis.

Jejak karya

Dengan memiliki blog tentunya karya kita dapat dinikmati oleh banyak orang dan tetap akan ada di internet selama blog kita masih aktif.

Beberapa tahun kedepan kita dapat melihat perbedaan kualitas konten yang kita buat pertama kali dengan kualitas konten yang kita buat setelah bertahun-tahun menekuni bidang ini.

Menambah ilmu

Ketika kita ingin membuat sebuah konten atau tulisan yang berkualitas, tentunya kita akan melakukan riset yang berkaitan dengan konten yang sedang kita kerjakan. Dan proses riset konten inilah yang akan meningkatkan wawasan dan ilmu kita sebagai pembuat konten. 

Proses pembuatan tulisan yang sedang Kamu baca ini pun tidak lepas dari proses riset yang tujuannya adalah memastikan apa yang saya sampaikan lewat tulisan ini tidak memberikan informasi yang salah untuk pembaca.

Meningkatkan kemampuan menulis

Seiring dengan berjalannya waktu, konten atau artikel yang kita tulis dan publikasikan di blog kita juga akan semakin banyak. Dan semakin banyak artikel yang kita tulis, semakin meningkat juga kemampuan kita dalam menulis.

Maka dari itu membuat blog dapat meningkatkan kemampuan kita, terutama dalam bidang penulisan.

Portfolio pribadi

Saat kamu membuat blog, mungkin kamu akan membuat konten-konten yang berhubungan dengan expertise atau bidang keahlian kamu. Singkat kata, blog bisa menjadi media atau sarana personal branding untukmu.
Misalkan kamu adalah seseorang yang ahli dalam hal data science dan sering membuat konten yang berhubungan dengan data science di blogmu.

Kamu bisa mencantumkan konten-konten atau tulisan kamu di CV (Curriculum Vitae) yang kamu kirimkan ke HR perusahaan yang kamu lamar, tentunya ini bisa menjadi salah satu poin plus yang menunjukkan bahwa kamu memang ahli dalam bidang tersebut.

Dengan begitu kita bisa menggunakan blog untuk meningkatkan karir kita.

Sumber konten media sosial

Jika kita memiliki blog dengan banyak konten di dalamnya, kita bisa menggunakan tulisan yang ada di dalam blog kita untuk dibagikan ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter, ataupun linkedin bagi kamu yang ingin semakin eksis di platform media sosial tersebut.

Baca juga: Memulai Blog Tahun 2022. Apakah Masih Relevan?

Membangun relasi

Dengan berkecimpung di dalam dunia blog, maka kita akan mengenal banyak orang baru. Mulai dari pengunjung setia blog kita sampai juga dengan teman blog kamu yang lain. Selain itu, biasanya para blogger memiliki komunitas sendiri sesuai dengan tema blog yang mereka buat. Dengan begitu kita bisa menjalin relasi dengan orang lain yang akan berguna dan bermanfaat kedepannya. 

Sumber penghasilan tambahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada orang-orang yang berharap bisa mendapatkan penghasilan dari blog dan ini tentu saja bukan hal yang salah. Ada banyak model bisnis dalam menghasilkan uang dari blog mulai dari adsense, review produk, postingan sponsor, lomba blog, program afiliasi, dan lainnya.

Namun tentunya itu bukan lah hal yang instan yang bisa kita capai tanpa usaha, kerja keras dan konsistensi dalam membuat konten yang berkualitas. Maka dari itu sumber penghasilan tambahan ini saya tempatkan paling bawah dari daftar ini. 

Itulah beberapa hal yang menjadi motivasi saya untuk kembali mencoba memulai blog di tahun 2022 ini. Semoga bermanfaat.

Salam, 

Wiradika Adi Wijaya

Creator of Luangin.com

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

AI robot blogging

Pemanfaatan AI dalam Dunia Blogging: Menggali Potensi untuk Tren Baru di 2024

Di dunia yang terus berkembang dan dipengaruhi oleh teknologi, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi kunci kemajuan dan transformasi di berbagai industri, termasuk dunia blogging. Di tahun 2024,…

Memulai Blog Tahun 2024. Apakah Masih Relevan?

Luangin.com – Kalau Kamu punya keinginan menjadi seorang blogger di tahun 2024, tentu saja pertanyaan “apakah memulai blog di tahun 2024 masih relevan?” muncul di benak kamu. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *