Kesan Menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto

Karena urusan pekerjaan yang mengharuskan saya untuk menetap selama beberapa hari di Purwokerto, pada akhir bulan Mei 2022 lalu saya melakukan perjalanan dinas ke Purwokerto. Atas saran dari salah satu rekan kantor, saya memutuskan untuk menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto selama beberapa malam. 

Dari informasi yang ada di official website-nya, Java Heritage Hotel Purwokerto merupakan hotel bintang 4 yang terletak di jantung kawasan bisnis dengan luas 3,5 hektar dengan 169 kamar yang terdiri dari beberapa tipe kamar.

Kesan Pertama

Ketika memasuki area Java Heritage Hotel Purwokerto langsung terasa kesan mewah dari bangunan utama yang terlihat menjulang dan kokoh. Memang ada sedikit kesan ‘tua’ yang terpancar dari bentuk bangunan utamanya. Meskipun menyiratkan kesan ‘tua’, namun disaat yang sama aura ‘mewah’ juga melekat pada hotel ini. 

Fasad bangunan Java Heritage Hotel Purwokerto
Tampak depan bangunan Java Heritage Hotel Purwokerto

Saat saya melangkah masuk ke area lobby hotel, saya menangkap kesan modern dengan kesan tradisional yang sangat kental. 

Lobby yang luas hingga tampak Srikandi Lounge di sisi yang berseberangan dengan pintu utama menambah kesan mewah dari hotel ini. 

Kamar yang terkesan sederhana & elegan

Kamar yang saya tempati saat menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto adalah kamar dengan tipe Deluxe Cottage yang terpisah dengan bangunan utama hotel. Kamar dengan setelan twin bed (meskipun saya hanya menginap sendirian). 

Di luar bangunan utama hotel memang ada puluhan kamar yang berbentuk cottages yang berjajar rapi di sebelah barat dan utara dari bangunan utama. Persis seperti sebuah cluster perumahan. 

Menariknya lagi, kita bisa memarkirkan kendaraan kita tepat di depan kamar yang kita tempati. Pokoknya persis seperti komplek cluster perumahan.

Tidak banyak gimmick yang ada di kamar ini, karena kamar yang saya pesan memang tipe kamar paling murah yang ada di Java Heritage Hotel Purwokerto. 

Meskipun ini adalah kamar paling murah, namun kesan mewah tetap terasa dari kamar yang saya tempati ini. Fasilitas standar hotel bintang 4 lengkap ada di kamar ini. Ruangan yang luas, tempat tidur nyaman, air hangat untuk mandi, brankas, kulkas, TV, sepasang sofa di dalam kamar, bahkan ada sepasang kursi untuk bersantai di teras kamar. 

Kamar Deluxe Cottage Twin Bed Java Heritage Gitel Purwokerto
Tampilan kamar deluxe cottage Java Heritage Hotel

Kamar mandi di kamar ini juga cukup luas dengan partisi kaca serta cermin lebar.

Kolam renang besar

Ukuran kolam renang yang ada di Java Heritage Hotel Purwokerto termasuk besar. Dengan lebar 96 meter serta bentuk lengkung yang indah. 

Kolam renang Java Heritage Hotel Purwokerto
Kolam renang dengan pemandangan gunung Slamet yang indah

Kolam renang ini dikelilingi oleh beberapa kamar yang memiliki akses langsung ke kolam renang. Kalau Kamu memiliki senang berenang dan memiliki budget yang cukup, Kamu bisa memesan kamar dengan tipe executive pool yang memiliki akses langsung ke kolam renang. 

Di sisi tenggara dari juga terdapat taman labirin yang bisa jadi tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak. Jangan khawatir Kamu tidak bisa mengawasi anak atau keponakanmu yang sedang bermain di labirin, karena tinggi labirin tersebut hanya sekitar 40 cm. 

Gym yang lengkap

Seakan tidak mau melepaskan label ‘heritage’ yang melekat pada hotel ini, ruangan-ruangan fasilitas diberi nama dari tokoh pewayangan. Termasuk gym yang diberi nama “Bima Health Club”. 

Gym Java Heritage Hotel
Bima Health Club

Ada puluhan alat fitness dengan berbagai jenis mulai dari treadmill, sepeda statis, hingga beraneka macam alat angkat beban. 

Dan jumlahnya sangat banyak, sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan berebut giliran dengan tamu hotel yang lain. 

Salah satu poin yang selalu saya perhatikan ketika menginap di sebuah hotel adalah menu breakfast atau sarapan yang disediakan. 

Dan Java Heritage Hotel Purwokerto melalui Ambalika Restaurant yang berada di lantai 5 bangunan utama, menyediakan pilihan menu sarapan yang sangat lengkap dan beragam. Mulai dari sereal, waffle, hingga makanan berat lainnya ada.

Hal menarik lainnya adalah setiap harinya hotel ini menyediakan pilihan menu sarapan western dan tradisional. Jadi kita bisa memilih menu yang kita sukai. Mau masakan khas nusantara, ada. Mau menu sarapan ala internasional juga ada. Kamu tinggal pilih.

Yang terbaik dari sarapan di Ambalika Restaurant ini adalah tempat sarapan outdoor yang menawarkan pengalaman sarapan sambil ditemani pemandangan Gunung Slamet yang indah.

Penutup

Karena saya tidak menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto untuk staycation atau jenis liburan lainnya, maka pada tulisan ini saya tidak dapat membahas semua fasilitas yang ada di hotel bintang 4 ini. 

Kalau saya berkesempatan lagi untuk menginap di hotel ini, mungkin saya akan membahas fasilitas atau hal lain dari hotel ini yang belum ada pada tulisan ini.

Untuk info lebih lanjut tentang Java Heritage Hotel Purwokerto, Kamu bisa menghubungi:

Java Heritage Purwokerto

Jl. Dr. Angka No 71, Purwokerto Utara

Telp (0281) 634321

Instagram:  @javaheritagehotel

Website: https://javaheritagehotel.com/

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

Fasad Museum Batik Pekalongan

Berkunjung ke Museum Batik Pekalongan

Pada bulan Oktober 2022 saya berkesempatan untuk berkunjung ke Museum Batik yang berada di Pekalongan setelah menyelesaikan semua pekerjaan selama perjalanan dinas. Pada artikel ini saya akan…

Ekterior The 1O1 Bandung Dago

The 1O1 Bandung Dago – Hotel Chic di Pusat Kota Bandung

The 1O1 Bandung Dago adalah sebuah hotel butik bintang 4 yang berlokasi di jantung Kota Kembang, Bandung. Tepatnya berada di ujung selatan jalan Ir. H. Juanda. Untuk…

Featured

Pengalaman Menginap di Elsotel Purwokerto

Awal bulan Juni kemarin saya kembali harus melakukan perjalanan dinas ke Purwokerto. Setelah sebelumnya saya menginap di Java Heritage Hotel Purwokerto, kali ini saya memilih untuk menginap…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *