Meningkatkan Karir dengan Blog

Luangin.com – Tahukah kamu bahwa memiliki personal blog atau blog pribadi dapat meningkatkan karir Kamu?

Mungkin Kamu akan berpikir bahwa ini adalah pernyataan yang tidak masuk akal. Atau setidaknya pernyataan itu hanya berlaku untuk seseorang yang memilih karir di industri penulisan atau jurnalistik. 

Tapi coba pikir sejenak: Tidak ada media lain yang lebih baik untuk memamerkan isi pikiran dan keahlianmu dibandingkan blog pribadi milikmu sendiri. 

Table of Contents

Meningkatkan karir dengan blog
Photo by Hunters Race on Unsplash

Terlepas konten atau tulisan yang kamu buat di blog pribadimu berkaitan dengan bidang pekerjaan yang kamu tekuni ataupun topik yang lebih luas dan umum, membuat sebuah blog pribadi bisa menjadi investasi yang berharga untuk kehidupan profesionalmu.

Berikut 4 hal bagaimana memiliki blog pribadi dapat meningkatkan karir.

Meningkatkan Visibility

Memiliki keberadaan atau kehadiran di berbagai platform dan jejaring media sosial adalah langkah awal yang baik untuk mendapatkan visibility online. 

Namun tentu saja berbagai platform dan media sosial tersebut tidak akan memberikanmu kebebasan penuh untukmu seperti yang bisa kamu dapatkan dari blog pribadi.

Memiliki blog pribadi bisa dianalogikan seperti Kamu memiliki tempat iklan ataupun promosi yang benar-benar bisa menampilkan segala ide dan pengetahuan yang Kamu miliki. Tentunya kamu bisa bebas berkreasi tanpa perlu terbatas dengan berbagai regulasi dan kebijakan dari platform atau media sosial tertentu.

Blogging dapat meningkatkan jejak digital di internet dengan cara yang efisien bagi mesin pencari seperti Google untuk dapat menemukanmu lebih cepat. 

Coba pikirkan benefitnya: Ketika HRD melakukan pencarian atas namamu di mesin pencari, mereka akan menemukan tulisanmu yang relevan dengan keahlian yang dibutuhkan oleh posisi yang kamu lamar. Tentu saja itu akan lebih baik dibanding mereka hanya menemukan akun instagram yang penuh dengan foto liburanmu.

Memperkuat CV-mu

Dalam dunia profesional saat ini, persaingan pencari kerja sangatlah ketat. Hal ini membuat para perekrut menerima ratusan lamaran setiap harinya.

Tentu saja saat ini memiliki CV yang menarik dan profil LinkedIn yang solid tidaklah cukup untuk membuatmu menonjol bagi perekrut. 

Cukup dengan menambahkan link atau tautan ke blog pribadi yang kamu miliki akan membuat sebuah perbedaan besar. Dengan melakukan ini, Kamu sudah memberikan lebih banyak informasi tentang dirimu dan keahlian yang Kamu miliki. Singkat kata, memperkuat profil aplikasimu.

Konten atau tulisan di blog pribadi yang kamu miliki akan menambahkan konteks pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki ke CV maupun surat lamaran yang kamu kirim dengan menunjukkan bahwa kamu telah menguasai topik tertentu.

Anggaplah blog pribadi yang kamu buat sebagai sebuah CV besar yang lengkap dalam menggambarkan siapa Kamu sebenarnya.

Bahkan tanpa Kamu harus menyampaikan kepada para perekrut, mereka tahu bahwa menjalankan sebuah blog membutuhkan beberapa kemampuan seperti menulis, manajemen web (SEO, media sosial, dsb), kecerdasan dalam berkomunikasi, dan riset (Tulisan yang berkualitas selalu dibuat dengan riset yang mumpuni).

Kamu tidak perlu repot menceritakan kemampuan-kemampuan tersebut karena blog pribadi yang Kamu buat sudah melakukannya untukmu.

Pada artikel selanjutnya kamu dapat mempelajari bagaimana cara untuk membuat blog yang bagus untuk meningkatkan karir.

Mengekspresikan Opini dan Gagasan

Ada beberapa platform di jagat internet yang memungkinkan Kamu mengekspresikan opini dan gagasan secara bebas online. Diantaranya adalah Blogger, WordPress, Tumblr dan Medium. 

Tapi bagaimana caranya agar Kamu bisa menulis tentang topik yang kamu minati namun dengan tetap terlihat profesional?

Bagaimana cara terbaik untuk mengekspresikan gagasanmu?

Kalau blog yang kamu miliki membahas tentang topik yang berkaitan dengan bidang keahlianmu, itu adalah peluang yang sangat baik untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki. 

Para perekrut akan semakin merasa yakin ketika membaca berbagai artikel yang ada di blogmu yang membahas sebuah topik dari berbagai sudut pandang yang berbeda. 

Dan kabar baiknya adalah Kamu tidak perlu khawatir meskipun blog yang kamu buat tidak membahas topik yang spesifik dengan bidang keahlian yang kamu kuasai. Blogmu adalah sarana untuk menunjukkan personal brand yang kamu miliki melalui pemikiran dan gagasan yang Kamu miliki, juga melalui gaya penulisan serta pemilihan topik yang Kamu lakukan.

Topik dalam blogmu bukanlah hal yang penting, itu adalah wilayah yang kamu miliki dengan kebebasan penuh. 

Bukan hanya untuk menyampaikan apa yang Kamu lakukan, namun juga bagaimana cara Kamu melakukannya.

Mengembangkan Kemampuan Baru

Sebagai seorang blogger, Kamu akan secara berkelanjutan dan terus-menerus membuat konten baru. Dan tentu saja untuk dapat selalu membuat konten baru yang berkualitas, Kamu harus banyak Membaca dan tetap mengikuti perkembangan terbaru dari topik yang Kamu bahas di blog pribadimu. 

Dengan begitu Kamu bukan hanya akan terus menerus belajar, namun Kamu juga akan menjadi ahli di bidang tersebut.

Sebagai tambahan, membuat dan menjalankan sebuah blog membutuhkan beberapa kemampuan teknis seperti:

  • Pemahaman tentang Content Management System (CMS) seperti WordPress
  • Kemampuan dalam index mesin pencarian: SEO
  • Manajemen media sosial dan komunitas
  • Pemahaman tentang analytical tools seperti Google Analytics

Sumber Penghasilan Tambahan

Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari blog yang kamu buat.

Dan kabar baiknya adalah: ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog pribadi.

Cara mendapatkan penghasilan dari blog yang paling populer saat ini adalah dengan memasang iklan. Namun sebenarnya iklan bukanlah satu-satunya sumber pendapatan dari sebuah blog.

Ada banyak model bisnis dalam menghasilkan uang dari blog mulai dari adsense (iklan), review produk, postingan sponsor, lomba blog, program afiliasi, dan lainnya.

Namun tentunya itu bukan lah hal yang instan yang bisa kita capai tanpa usaha, kerja keras dan konsistensi dalam membuat konten yang berkualitas.

Penutup

Kesimpulannya adalah sebuah blog pribadi dapat meningkatkan karir profesionalmu dari beberapa sisi.

Terlebih apabila blog yang Kamu buat relevan dengan keahlian yang kamu miliki.

Pada artikel selanjutnya Kamu bisa memahami bagaimana cara membuat blog yang bagus untuk meningkatkan karir.

Bukan hanya sebagai alat untuk meyakinkan para perekrut, tapi juga untuk meningkatkan kompetensi pribadimu. Bukankah investasi yang terbaik adalah investasi pada diri kita sendiri?

Salam,

Wiradika Adi Wijaya,

Creator of Luangin.com

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

9 Hal Penting dalam Persiapan Menghadapi Interview Online

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, interview atau wawancara online telah menjadi hal yang semakin umum dilakukan sebagai bagian dari proses rekrutmen di…

Keterampilan di Era Digital: 7 Keterampilan Paling Dicari untuk Dipelajari di Tahun 2024

Di era digital dimana segala hal terjadi dengan sangat cepat seperti saat ini, penting bagi kita untuk tetap selangkah lebih maju dari perkembangan dan terus meningkatkan keterampilan…

Panduan Lengkap Persiapan Bekerja dari Rumah (Work from Home)

Selama beberapa tahun terakhir, bekerja dari rumah (work from home) telah menjadi tren yang semakin populer. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home untuk karyawannya,…

Adaptasi Pekerjaan di Era Artificial Intelligence (AI)

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada dunia pekerjaan. Perkembangan kemajuan teknologi AI telah merubah cara kita bekerja dan berkolaborasi….

Tips Membangun personal branding

8 Tips Membangun Personal Branding

Sebelum kita membahas tentang tips dalam membangun personal branding, mari sedikit kita bahas apa itu personal branding. Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan merek atau identitas…

Perjalanan Dinas

Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Perjalanan Dinas

Melakukan persiapan perjalanan dinas menjadi hal yang penting dilakukan agar perjalanan dinas yang Kamu lakukan efektif dan menyenangkan. Kalau Kamu termasuk orang yang suka jalan-jalan atau travelling,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *