9 Hal Penting dalam Persiapan Menghadapi Interview Online

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, interview atau wawancara online telah menjadi hal yang semakin umum dilakukan sebagai bagian dari proses rekrutmen di banyak perusahaan. Kemudahan dan fleksibilitasnya menjadikannya pilihan praktis bagi perusahaan dan kandidat. Namun, interview online memiliki beberapa perbedaan dengan interview tatap muka yang perlu dipersiapkan dengan baik dan matang.

Seorang pria sedang melakukan interview online
Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Terlepas dari apakah Kamu seorang profesional yang berpengalaman atau baru lulus, menghadapi interview online memerlukan persiapan khusus yang berbeda dengan interview tatap muka atau offline.

Berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Kamu persiapkan untuk memastikan Kamu siap menghadapi wawancara online dengan percaya diri dan sukses.

1. Pahami Teknologi dan Platform yang Digunakan

Pastikan Kamu memiliki pemahaman yang baik tentang platform atau aplikasi yang akan digunakan selama wawancara. Beberapa platform umum meliputi Zoom, Microsoft Teams, atau Google Meet. Pastikan perangkat atau device yang akan Kamu gunakan bisa menjalankan platform tersebut dengan lancar. 

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar dan Stabil

Untuk menghindari masalah teknis selama wawancara, pastikan koneksi internet yang Kamu gunakan lancar dan stabil. Kamu bisa melakukan tes koneksi beberapa hari sebelum interview untuk memastikan kelancaran. Siapkan juga koneksi internet cadangan sebagai antisipasi apabila terjadi gangguan pada koneksi internet utama yang Kamu siapkan. 

3. Ciptakan Lingkungan yang Profesional

Pilihlah lokasi yang tenang dan bebas gangguan untuk melakukan wawancara. Pastikan pencahayaan memadai sehingga wajah Kamu terlihat dengan jelas. Latar belakang yang rapi dan profesional juga bisa memberikan kesan positif. Hindari latar belakang yang berpotensi mengganggu atau tidak profesional.

Kalau Kamu akan melakukan interview online di rumah, Kamu bisa memilih ruangan yang jarang dimasuki orang saat jam interview online dilaksanakan. Kalau tidak memungkinkan untuk menggunakan ruangan di rumahmu untuk melakukan interview online, Kamu bisa datang ke Co-working space yang ada di kotamu. Biasanya co-working space memiliki ruangan yang cukup kondusif untuk dijadikan lokasi interview online.

4. Penampilan yang Profesional

Meskipun Kamu mungkin berada di rumah, berpakaianlah seperti Kamu akan pergi ke wawancara tatap muka. Pakaian yang rapi dan profesional dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan kesan baik kepada pewawancara. Hindari pakaian dengan pola yang mencolok atau aksesoris berlebihan yang dapat mengalihkan perhatian. Kamu juga bisa menggunakan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan yang kamu lamar.

5. Latihan Pertanyaan Umum

Persiapkan diri Kamu untuk pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara. Berlatihlah menjawab pertanyaan tentang pengalaman kerja, kekuatan dan kelemahan Kamu, serta alasan Kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Latihan ini dapat membantu Kamu merumuskan jawaban dengan jelas dan yakin. Dengan begitu Kamu akan terkesan lebih percaya diri. 

6. Perhatikan Bahasa Tubuh dan Kontak Mata

Meskipun wawancara online, penting untuk mempertahankan kontak mata dengan kamera. Duduk dengan posisi tubuh yang tegap dan hindari gerakan yang terlalu mencolok. Ekspresikan diri dengan tangan secara ringan, tetapi hindari gestur yang berlebihan. Ini akan membantu Kamu terlihat lebih profesional dan terfokus.

7. Siapkan Pertanyaan Kamu

Saat pewawancara memberikan kesempatan kepada Kamu untuk bertanya, pastikan Kamu memiliki beberapa pertanyaan yang disiapkan. Ini menunjukkan ketertarikan Kamu pada perusahaan dan memperlihatkan bahwa Kamu telah melakukan penelitian sebelumnya.

Kamu bisa menanyakan tentang posisi yang dilamar, apakah ketika diterima Kamu harus melakukan perjalanan dinas, dan budaya kerja yang ada pada perusahaan tersebut. Pertanyaan yang cerdas menunjukkan antusiasme dan pengetahuan Kamu tentang perusahaan.

8. Uji Peralatan Audio-Visual

Selain koneksi internet, Kamu juga perlu melakukan tes terhadap kamera, dan mikrofon dari device yang akan Kamu gunakan saat interview. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik untuk menghindari masalah teknis saat wawancara berlangsung. Kesalahan teknis dapat mengurangi profesionalisme dan kenyamanan dalam wawancara.

9. Berikan Tanggapan Positif

Selesaikan wawancara dengan memberikan tanggapan positif. Ungkapkan terima kasih kepada pewawancara atas kesempatan tersebut dan tanyakan mengenai tahapan selanjutnya dalam proses rekrutmen.

Dengan persiapan yang matang, Kamu dapat menghadapi interview online dengan percaya diri dan memberikan kesan yang positif kepada pewawancara. Ingatlah bahwa kesuksesan dalam wawancara online tidak hanya bergantung pada kemampuan teknis Kamu tetapi juga pada bagaimana Kamu dapat mengkomunikasikan kepribadian dan kualifikasi Kamu dengan efektif melalui layar.

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

Keterampilan di Era Digital: 7 Keterampilan Paling Dicari untuk Dipelajari di Tahun 2024

Di era digital dimana segala hal terjadi dengan sangat cepat seperti saat ini, penting bagi kita untuk tetap selangkah lebih maju dari perkembangan dan terus meningkatkan keterampilan…

Panduan Lengkap Persiapan Bekerja dari Rumah (Work from Home)

Selama beberapa tahun terakhir, bekerja dari rumah (work from home) telah menjadi tren yang semakin populer. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home untuk karyawannya,…

Adaptasi Pekerjaan di Era Artificial Intelligence (AI)

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada dunia pekerjaan. Perkembangan kemajuan teknologi AI telah merubah cara kita bekerja dan berkolaborasi….

Tips Membangun personal branding

8 Tips Membangun Personal Branding

Sebelum kita membahas tentang tips dalam membangun personal branding, mari sedikit kita bahas apa itu personal branding. Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan merek atau identitas…

Perjalanan Dinas

Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Perjalanan Dinas

Melakukan persiapan perjalanan dinas menjadi hal yang penting dilakukan agar perjalanan dinas yang Kamu lakukan efektif dan menyenangkan. Kalau Kamu termasuk orang yang suka jalan-jalan atau travelling,…

Pekerjaan yang dibayar untuk jalan-jalan

Pekerjaan Full Time yang Dibayar untuk Jalan-Jalan

Memiliki pekerjaan full time sambil jalan-jalan atau traveling pasti menjadi impian untuk kamu yang suka jalan-jalan. Bayangkan kamu bisa mendapat kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat sambil bekerja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *