Pekerjaan Full Time yang Dibayar untuk Jalan-Jalan

Memiliki pekerjaan full time sambil jalan-jalan atau traveling pasti menjadi impian untuk kamu yang suka jalan-jalan. Bayangkan kamu bisa mendapat kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat sambil bekerja dan tetap dibayar.

Kebanyakan pekerjaan populer yang memungkinkan Kamu untuk mengunjungi berbagai tempat dan tetap dibayar biasanya adalah pekerjaan freelance dan entrepreneur seperti travel blogger, fotografer, volunteer, atau jurnalis lepas. Namun bagi sebagian orang pekerjaan freelance kurang menarik karena tidak memiliki penghasilan atau gaji yang tetap.

Namun sebenarnya ada beberapa pekerjaan profesional full time yang memungkinkan Kamu untuk bekerja sambil jalan-jalan dan tetap menerima gaji setiap bulannya.

Pekerjaan profesional yang dimaksud adalah Kamu bekerja sebagai karyawan dengan gaji bulanan, namun berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat dengan tetap digaji.

1. Tour Leader

Menjadi seorang tour leader bisa merealisasikan hobi jalan-jalan atau travelling kamu menjadi kenyataan. Tour leader biasanya bekerja sebagai karyawan dari travel agency yang bertugas untuk mengkoordinir para peserta atau rombongan tour yang menggunakan jasa travel agency tersebut.

Tour leader yang dibayar untuk jalan-jalan
Photo by Luke Porter on Unsplash

Namun tentu saja pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Kamu harus menguasai setiap destinasi yang akan dikunjungi. Selain itu, Kamu harus memiliki sikap yang sigap dan berani bicara di depan umum.

Bagi seorang pemula, memegang microphone sambil berbicara di depan umum bukan merupakan hal yang mudah. Namun semua tour leader pasti memulai karir mereka mulai dari nol. Kalau mereka bisa, Kamu juga pasti bisa.

2. Event Organizer

Menjadi seorang event organizer juga memungkinkanmu untuk bisa bekerja sambil jalan-jalan ke berbagai tempat. Bahkan ke luar negeri, bukan cuma di Indonesia saja. Karena ada banyak event yang diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahunnya. 

Photo by Noiseporn on Unsplash

Mulai dari event musik seperti Soundrenaline dan Java Jazz Festival sampai event olahraga seperti PON (Pekan Olahraga Nasional) dan SEA Games

Tim event organizer biasanya terdiri dari beberapa orang tim inti dan banyak tim pendukungnya. Tim inti ini biasanya adalah karyawan tetap (full time) dari perusahaan atau agensi, sedangkan untuk tim pendukungnya biasanya adalah tim freelance yang bergabung menjelang event diselenggarakan. 

Di awal Kamu bisa memulai karir dengan menjadi tim freelance untuk memperoleh pengalaman dan mempertimbangkan apakah Kamu cocok dengan pekerjaan ini. 

Kalau kamu bekerja untuk perusahaan yang mengatur acara-acara skala besar, kamu akan lebih sering bepergian ke banyak negara di dunia.

3. Pilot atau Pramugari

Kamu pasti mengenal dua profesi ini. Selalu berpenampilan rapi, terbang kemana-mana dan punya penghasilan atau gaji bulanan yang tetap. 

Photo by Lukas Souza on Unsplash

Seorang pilot atau pramugari sudah pasti memiliki kesempatan untuk  terbang ke berbagai kota atau negara sesuai dengan rute tugasnya.

Saat terbang ke luar negeri biasanya awak pesawat akan menginap sehari atau dua hari sebelum akhirnya kembali lagi. Tentunya Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk liburan ke luar negeri tanpa harus mengeluarkan budget untuk tiket pesawat.

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang jika ingin berbelanja atau membeli oleh-oleh saja.

Selain bisa jalan-jalan gratis, ada banyak insentif menarik buat kamu yang menekuni profesi ini.

Namun untuk menjadi pilot atau pramugari kamu memerlukan keahlian dan sertifikasi tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan dalam dunia penerbangan. 

Selain memiliki kualifikasi pendidikan yang tepat, kamu juga harus lolos tes lainnya seperti tes fisik, tes medis, wawancara, dan lain sebagainya.

4. Diplomat

Diplomat merupakan perwakilan pemerintah suatu negara yang dinas di luar negeri dan melaksanakan kegiatan diplomatik maupun konsuler untuk memperjuangkan kepentingan bangsa, negara, serta pemerintah negaranya di negara penerima ataupun di organisasi internasional tempatnya ditugaskan.

Seorang diplomat biasanya akan bertugas di konsulat atau di kantor kedutaan sebuah negara. 

Dengan begitu, sudah pasti seorang diplomat akan bepergian dan tinggal di luar negeri selama bertahun-tahun lamanya. 

Kamu akan memiliki kesempatan untuk tinggal di negara yang berbeda-beda, tergantung di mana Kamu akan ditugaskan. 

Dengan begitu, tentu saja Kamu akan memiliki kesempatan jalan-jalan dan mengeksplorasi berbagai tempat yang ada di negara yang kamu tinggali. 

5. Reporter

Bagi Kamu yang memiliki minat dalam bidang jurnalistik dan haus akan berita, reporter adalah pekerjaan yang tepat untuk kamu. 

Photo by Jorge Maya on Unsplash

Reporter adalah salah satu pekerjaan full time yang dibayar untuk jalan-jalan.

Seorang reporter akan ditugaskan ke berbagai tempat baik dalam maupun luar negeri untuk mencari dan melaporkan berita. 

Kamu mungkin akan banyak menghabiskan waktu di jalan, berpindah dari satu kota ke kota lainnya, atau bahkan dari satu negara ke negara lainnya. 

6. Auditor

Kalau Kamu bekerja sebagai seorang auditor independen di bawah naungan sebuah kantor audit publik, Kamu akan bekerja dengan banyak perusahaan yang menggunakan jasa kantor audit publik tempat Kamu bekerja. 

Kamu akan bepergian dan bertugas melakukan audit pada berbagai perusahaan, di mana perusahaan-perusahaan tersebut bisa saja berada di kota-kota yang berbeda.

Menjadi auditor internal sebuah perusahaan yang memiliki unit bisnis di banyak kota juga memberikan kamu kesempatan untuk melakukan audit internal pada unit bisnis yang berada di berbagai kota yang berbeda. 

Pekerjaan auditor selain membutuhkan kualifikasi dan sertifikasi khusus, juga menuntut kamu memiliki integritas dan independensi yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang auditor.

7. Sales

Photo by Campaign Creators on Unsplash

Menjadi seorang salesman atau tenaga penjual merupakan pekerjaan yang menyenangkan meskipun banyak orang yang beranggapan sebaliknya.

Memang tidak semua salesman memiliki kesempatan untuk mengunjungi berbagai kota. Namun, ketika Kamu bekerja menjadi seorang salesman yang menjual produk atau jasa yang menargetkan perusahaan sebagai klienmu, Kamu akan memiliki kesempatan untuk pergi ke berbagai tempat. 

Contohnya adalah salesman yang menjual mesin produksi atau peralatan pendukung kantor seperti mesin fotokopi.

Namun apapun produk yang dijual, salesman akan mempunyai kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat ketika karirnya meningkat. Contohnya ketika seseorang mencapai tingkatan karir sebagai sales manager.

Seorang sales manager biasanya memiliki area penjualan yang mencakup beberapa kota. Dengan begitu Kamu bisa mengunjungi berbagai kota sambil menjalankan pekerjaan sebagai seorang sales manager.

Penutup

Memiliki karir atau pekerjaan yang membuat kamu bisa jalan-jalan ke berbagai tempat memang menarik dan menyenangkan. 

Namun perlu diingat bahwa kita dibayar untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita. Jadi jangan sampai kita melalaikan tugas dan tanggung jawab kita ketika sedang melakukan perjalanan dinas atas nama perusahaan.

Selain itu memiliki pekerjaan yang memberikan kesempatan kamu untuk bepergian ke berbagai tempat memiliki konsekuensinya sendiri. Diantaranya adalah waktumu untuk bersama keluarga jadi berkurang karena Kamu harus bepergian ke berbagai tempat. 

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

9 Hal Penting dalam Persiapan Menghadapi Interview Online

Dalam era digital yang terus berkembang pesat seperti saat ini, interview atau wawancara online telah menjadi hal yang semakin umum dilakukan sebagai bagian dari proses rekrutmen di…

Keterampilan di Era Digital: 7 Keterampilan Paling Dicari untuk Dipelajari di Tahun 2024

Di era digital dimana segala hal terjadi dengan sangat cepat seperti saat ini, penting bagi kita untuk tetap selangkah lebih maju dari perkembangan dan terus meningkatkan keterampilan…

Panduan Lengkap Persiapan Bekerja dari Rumah (Work from Home)

Selama beberapa tahun terakhir, bekerja dari rumah (work from home) telah menjadi tren yang semakin populer. Semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan work from home untuk karyawannya,…

Adaptasi Pekerjaan di Era Artificial Intelligence (AI)

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah memberikan dampak signifikan pada dunia pekerjaan. Perkembangan kemajuan teknologi AI telah merubah cara kita bekerja dan berkolaborasi….

Tips Membangun personal branding

8 Tips Membangun Personal Branding

Sebelum kita membahas tentang tips dalam membangun personal branding, mari sedikit kita bahas apa itu personal branding. Personal branding adalah proses membangun dan mempromosikan merek atau identitas…

Perjalanan Dinas

Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Perjalanan Dinas

Melakukan persiapan perjalanan dinas menjadi hal yang penting dilakukan agar perjalanan dinas yang Kamu lakukan efektif dan menyenangkan. Kalau Kamu termasuk orang yang suka jalan-jalan atau travelling,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *