7 Manfaat Berkunjung ke Museum

Kapan terakhir kali Kamu berkunjung ke museum? Mungkin sudah lama sekali, atau bahkan mungkin ada yang berkunjung ke museum hanya ketika karya wisata sekolah. 

Mengunjungi museum saat ini memang belum menjadi tren atau gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Meskipun beberapa tahun terakhir tren kunjungan ke museum di Indonesia sudah meningkat. Salah satu contohnya adalah Museum Sejarah Jakarta yang pada tahun 2023 mengalami peningkatan jumlah pengunjung harian sampai dengan tiga kali lipat dibandingkan dengan tahun 2022.

Tahun lalu juga sempat muncul fenomena tren museum date atau kencan mengunjungi museum bersama pasangan. Terlepas dari pro dan kontranya, fenomena museum date tersebut menjadi salah satu pendorong peningkatan jumlah kunjungan ke museum.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari berkunjung ke museum. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Museum membuatmu merasa bahagia

Dalam kondisi ekonomi yang sedang serba sulit seperti saat ini tidak sulit menjadikan biaya masuk ke museum menjadi alasan untuk tidak mengunjungi museum dan tetap berada di rumah. Namun, menurut studi terbaru dari The University of Texas mengungkapkan bahwa orang-orang merasa lebih bahagia ketika menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang memberikan pengalaman dibandingkan menghabiskan uangnya untuk membeli barang.

Menurut Leaf Van Boven, Asisten Profesor Psikologi di CU-Boulder, pengalaman terbukti menciptakan lebih banyak kebahagiaan daripada barang-barang materi karena memberikan reinterpretasi pribadi yang positif dari waktu ke waktu.

Artinya, saat kita mengunjungi kembali ingatan perjalanan kita ke museum, kita memiliki kecenderungan untuk secara psikologis membuang ingatan negatif (jika ada). Pengalaman, seperti mengunjungi museum, juga bisa menjadi bagian yang bermakna dari identitas seseorang dan berkontribusi pada hubungan sosial yang sukses dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh barang-barang materi.

Museum membuat Kamu lebih pintar

Tidak diragukan lagi bahwa peran utama museum adalah untuk melibatkan dan mendidik masyarakat. Pameran museum menginspirasi minat pada bidang studi, barang, periode waktu tertentu, atau ide. Tetapi sebenarnya ada lebih banyak hal yang terjadi di museum yang berkaitan dengan pendidikan daripada yang kita kira. Contohnya, sekolah sangat bergantung pada museum untuk meningkatkan kurikulum mereka.

Pelajar praktik membuat batik saat berkunjung ke Museum Batik Pekalongan
Pelajar sedang praktik membuat batik di Museum Batik Pekalongan

Seperti salah satu fenomena yang terjadi di Pekalongan. Pekalongan adalah kota yang terkenal dengan kerajinan batiknya. Untuk mempertahankan rantai pengetahuan dan wawasan tentang batik untuk para generasi muda di Pekalongan, sekolah-sekolah di Pekalongan bekerjasama dengan Museum Batik Pekalongan untuk memberikan pendidikan secara pengalaman bagi para siswa di Pekalongan. 

Cara yang efektif untuk belajar

Museum adalah contoh lingkungan belajar informal, yang berarti mereka dikhususkan terutama untuk pendidikan informal — proses seumur hidup di mana individu memperoleh sikap, nilai, keterampilan, dan pengetahuan dari pengalaman sehari-hari dan pengaruh pendidikan dan sumber daya di lingkungannya. Bahkan di luar museum, pembelajaran informal memainkan peran penting dalam cara kita memandang dunia di sekitar kita.

Perpustakaan museum batik pekalongan
Perpustakaan di Museum Batik Pekaongan

Satu kunjungan ke museum dapat memaparkan pengunjung pada informasi mendalam tentang suatu subjek tertentu. Contohnya, Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta yang memberikan Kamu informasi yang banyak dan dalam tentang sejarah kebudayaan Jawa khususnya hal-hal yang berkaitan dengan Kerajaan Mataram.
Dan sifat lingkungan museum adalah lingkungan dimana Kamu dapat menghabiskan waktu sebanyak atau sesedikit yang Kamu suka untuk menjelajahi pameran.

Lingkungan memungkinkan Kamu untuk membentuk pengalaman unikmu sendiri dan mengambil informasi yang menarik minatmu.

Museum memberikan inspirasi

Museum memberikan inspirasi melalui hubungan yang personal dengan pengunjung, dan bukan hanya hanya di tempat dan melalui upaya penjangkauan komunitas secara fisik. Bahkan beberapa berhasil terhubung melalui jejaring sosial mereka. Kenangan pribadi semacam ini yang dibuat di museum tidak akan kadaluarsa.

Cara yang baik untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat

Museum menjadi salah satu alasan yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga dengan cara yang positif. Koneksi pribadi dapat dilakukan dengan museum dan juga dengan anggota keluarga selama kunjungan. 

Sehari di museum sering diterjemahkan menjadi hari yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih saat para orang tua berubah menjadi pemandu wisata, dan lingkungan memberikan pengalaman belajar bersama.

Dan menhunjungi museum pasti akan lebih berkesan daripada berkunjung ke mall yang isinya itu-itu saja

Museum membutuhkan dukunganmu untuk tetap mengedukasi dan menginspirasi

Banyak museum adalah entitas nirlaba dengan misi untuk mengedukasi dan menginspirasi pengunjung. Dan itu artinya mereka membutuhkan dukungan dari pengunjung, anggota, dan donatur untuk terus memenuhi misi tersebut. 

Sayangnya, banyak orang bahkan tidak tahu bahwa museum adalah organisasi nirlaba!

Kebanyakan museum di Indonesia dikelola dan dibaiayai oleh berbagai instansi pemerintah, meskipun saat ini juga sudah mulai bermunculan museum-museum yang dikelola dan dibiayai secara swasta seperti Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta atau Tumurun Museum di Solo. Jika Kamu menyukai organisasi budaya dan ingin mempertahankannya selama beberapa dekade ke depan (supaya Kamu bisa membawa cicit Kamu), berikan donasi atau isi kartu keanggotaan itu dengan bangga!

Dalam banyak hal, mendukung museum melalui kunjungan atau – bahkan lebih baik lagi – melalui keanggotaan atau dukungan filantropi merupakan cara untuk memperkuat komunitas dan memberikan kembali apa yang Kamu dapat sehingga museum dapat membuat program yang berdampak yang memenuhi misinya.

Ada museum di dekatmu

Menurut Dataindonesia.id, Indonesia memiliki 439 museum pada tahun 2020 dengan 64 diantaranya berada di Jawa Timur. Kamu hanya perlu menuliskan “museum” di kolom pencarian aplikasi Google Maps di gadgetmu, dan voila! Kamu akan menemukan berbagai museum terdekat yang bisa Kamu kunjungi.

Setelah membaca berbagai manfaat berkunjung ke museum di atas, silahkan langsung siapkan tanggal dan cari museum yang akan Kamu kunjungi ya!
Kalau ada manfaat lain dari berkunjung ke museum yang belum disampaikan di tulisan ini, silahkan tulis di kolom komentar ya!

Founder dan penulis konten di Luangin.com. Berpengalaman dalam bidang sales dan marketing serta meningkatkan bisnis dengan berbagai pendekatan. Suka jalan-jalan dan membaca berbagai buku.

Related Posts

WFH Makin Produktif: 9 Perlengkapan untuk WFH Penting yang Wajib Dimiliki (Tanpa Bikin Kantong Jebol!)

Bekerja dari rumah (WFH) kini menjadi pilihan banyak orang. WFH menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat kerja, namun tak jarang diiringi dengan distraksi dan rasa tidak nyaman. Salah…

Rahasia Mata Sehat dan Tajam di Era Digital: Eyebost

Era digital yang berkembang pesat saat ini membawa banyak manfaat yang merubah cara kita dalam melakukan berbagai aktifitas mulai dari cara kita menyelesaikan pekerjaan hingga cara kita…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *